Nonton The Advanture of Tintin The Movie

Pada era tahun 90an dimana saat itu adalah masanya saya masih anak-anak, tentunya saya suka sekali nonton film kartun dan film anak-anak lainnya di televisi.  Ada banyak film anak-anak dikala itu, jangan salah semuanya keren-keren dan melegenda lho sekarang. Yang paling hits film anak-anak di era tahun 90an dulu adalah Doraemon, Teenage Mutant Ninja Turtle (Kura-kura Ninja yang hits di TVRI sejak 80an sd 90an awal), Police Academy (Ditayangkan di TVRI),  Casper (hantu yang baik), Popeye (jagoan gemar makan bayam), Ranma 1/2 (kalo di siram air anget dia bisa berubah jadi cewek) Ksatria Baja Hitam (si Kotaro Minami), Dr. Slump (Si Arale & Gachira robot ciptaan dr. Senbe), Dragon Ball (petualang Goku dan sobatnya mencari 7 bola naga),Yokoso Yoko (ditayangkan di Indosiar),  Sailormoon (masih ingat dengan slogannya dalam menumpas kejahatan?), Wedding Peach (3 cewek brantem pake baju pengantin), Minky Momo (ditayangkan di TPI), Patlabor (ditayangkan di Indosiar),  Detektif Conan ,  Power Rangers (pahlawan yang warna-warni), Remi, Ninja Hatori, Dash Yonkuro (disiarkan di TVRI, masih inget dengan soundtracknya yang keren itu?) dan Petualangan Tintin (ditayangkan di SCTV setiap hari senin sampai kamis).  Nah diantara film anak-anak tersebut ada satu yang beda dan sangat menarik untuk selalu di ikuti, yaitu Petualangan Tintin. Saya selalu setia menyaksikan film kartun ini disetiap jam tayangnya. Meskipun saya tidak tuntas menontonnya di televisi sampai tamat, selain itu karya dari Herge a.ka Georges Remi ini juga dengan setia saya ikuti kisahnya dalam serial komiknya (tapi komiknya hasil pinjeman dari Perpustakaan Daerah Pemerintah Provinsi, hehe) bahkan  saya sempat punya beberapa koleksi VCD nya dengan berbagai serial sebagai bonus pembelian battery ABC Alkaline (batere luar biasa) yang bertanda dan kemasan khusus.

Apakah pemirsa juga penggemar kisah Petualangan Tintin juga?

Jika iya, pasti semua sangat senang menyambut kehadiran filmnya yang kemudian akhirnya diangkat ke layar lebar dalam format 3D juga 2D dan mulai tayang di Indonesia pada bulan November 2011 . Tentunya patut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Spielberg dan Peter Jackson yang akhirnya telah mengangkat trilogi film ini.

Sebelumnya  Komik Tintin merupakan salah satu sisipan surat kabar pada tahun 1929, hasil karya Herge ini merupakan serial komik yang sangat laris di Eropa dan bahkan hampir seluruh pelosok dunia, khususnya di Belgia, Perancis dan Belanda, dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Tokoh komik Tintin merupakan seorang wartawan muda yang ulung dibantu dengan temannya yang merupakan seekor anjing kecil putih, lucu dan penurut bernama Snowy. Dalam filmnya ini Steven Spielberg menggarap petualangannya dalam memecahkan kasus akan Rahasia Kapal Unicorn bersama dengan Kapten Haddock . Menonton film ini tentunya memberikan kesan nostalgia tersendiri bagi saya.

Di film ini, tokoh Tintin diperankan oleh Jammie Bell, bentuknya begitu detail dan mirip seperti aslinya baik mimik, raut wajah serta yang khasnya tidak lain tidak bukan adalah jambul yang juga sempat menjadi trend rambut cowok-cowok di tahun 90an.  Kisahnya dimulai dengan penemuan replika kapal Unicorn di pasar loak yang dibeli oleh Tintin seharga 2 Poundstrerling,  dengan tiba-tiba Tintin tak sengaja bersinggunggan dengan seorang bernama Tuan Sakharine. Sakharine ingin membeli replika kapal tersebut kepada Tintin dengan harga yang ditawarkan. Namun pada akhirnya Tintin yang tetap mendapatkan kapal replika tersebut karena dia menawar replika Kapal Unicorn terlebih dahulu dan tak ingin dijualkan kepada siapapun. Rupanya Tuan Sakharine tidak tinggal diam, beliau mengutus anak buahnya untuk mengambil kapal tersebut dari tangan Tintin dengan cara apapun. Tintin yang tidak mengetahui akan keberadaan sejarah replika  Kapal Unicorn yang pada akhirnya akan membawa Tintin juga Snowy ke petualangan panjang serta menantang, rupanya petualangan tersebut merupakan penggejaran dari Tuan Sakharine dalam merebutkan kembali untuk mendapatkan kapal tersebut.

Di waktu yang bersamaan, seperti juga dalam serial komik dan kartunnya hadir polisi kembar yaitu Thompson dan Thompson yang diperankan oleh Simon Pegg dan Nick Frost. Bagi Anda yang suka akan lelucon oleh kedua polisi konyol ini, tentunya akan mengundang senyum dan gelak tawa dari kebodohan kedua polisi hitam yang selalu menggunakan setelan jas berwarna hitam itu . Kedua Thompson ini ternyata sedang mengejar pencopet ulung yang sedang marak berkeliaran di kota itu. Thompson bersaudara bahkan menyiasatinya pencopet tersebut dengan menggunakan tali elastis pada dompet mereka, guna menghalau dan menangkap basah jika si pencopet itu beraksi kembali dalam lakuna, karena polisi kembar lucu itu telah beberapa kali kehilangan dompet. Tiba-tiba pencopet beraksi kembali, dan pada saat bersamaan terjadilah adegan kejar-kejaran yang konyol dan menarik. Lucunya pada adegan tersebut terdapat slapstik dimana jika pada bentuk komik ditampilkan saat seseorang pusing karena bertabrakan, maka akan muncul burung-burung di atas kepala.

Dan ternayata Tintin mendapatkan clue dari replika Kapal Unicorn setelah mengalami berbagai kejadian beruntun yang dialami dan malangnya kemudian penculikan pun terjadi pada dirinya, disinilah kisahnya yang akan membawa pada sebuah petualangan panjang. Snowy yang mengetahui Tintin diculik, mencoba mengejar dan menyelamatnya dengan melakukan pengejaran mobil yang membawa Tintin yang dibawa oleh anak buah  Sakharine. Snowy begitu cepat, antusias dan cerdas dalam mengikuti arah mobil penculik Tintin dengan berlari, melompat, bahkan melewati kerumunan sapi (Disini terdapat beberapa adegan lucu yang menggelitik antara Snowy dan kerumunan sapi).

Tintin ditanyai berbagai pertanyaan oleh Anak buah Sakharine pada kapal bernama Karaboudjan dan bertemu dengan Sakharine. Karena pernyataan dari Sakharine, akhirnya Tintin mendapatkan informasi tentang mengapa replika Kapal Unicorn itu sangat berarti olehnya.  Berkat kecerdasan Snowy akhirnya Tintin Bisa Lolos dari ikatan dan kurungan Sakharine, dan akhirnya Tintin bertemu dengan Kapten Haddock di kapal itu yang mana pada saat itu Kapten Haddock sedang mabuk berat akibat terlalu banyak minum alkohol. Kapten Haddock ini diperankan oleh Andy Serkis. Akhirnya mereka menyelami pengejaran satu demi satu akan rahasia dari replika Kapal Unicorn dan mereka berhasil lolos dari kapal itu setelah mengalami pengejaran dari anak buah Sakharine yang mengetahui bahwa mereka mencoba kabur. Pengejaran tersebut hampir membuat nyawa Tintin, Kapten Haddock dan juga Snowy melayang.

Pergantian adegan demi adegan memberikan perpindahan yang menarik . Pada beberapa adegan saat Kapten Haddock bercerita mengenai moyangnya bernama Sir Francis Haddock, pada film ini memberikan gambar animasi yang luar biasa, seperti pada saat Kapten Hadock sedang mengalami fatamorgana pada gurun pasir pada saat mereka tiba di Afrika yang memberikan nuansa panas dan gersang karena mereka berada di gurun Sahara, kemudian kejadian fatamorgana tersebut digulung dengan derasnya gelombang lautan samudra, menjadikan sebuah perpindahan sekuel adegan yang menarik dan menakjubkan saat kita menontonnya. Beberapa kali Kapten Haddock bercerita karena berhasil mengingat akan sejarah kelam yang dialami pada saat berlayar, dan beberapa kali itu pun kita akan terbawa akan perpindahan adegan yang menajamkan cerita di masa lalu, tentunya ini membuat kita semakin penuh tanya akan apa yang terjadi di masa lalu, dan apa hubungannya dengan Tuan Sakharine yang begitu gigih untuk mendapatkan replika Kapal Unicorn. Yang menjadi pertanyaan penting bagi kita saat menyimak film ini adalah apakah Tuan Sakharine hanya penggejaran akan replika itu saja, ataukah ada hal lain yang terjadi?

Film The Adventures of Tintin ini merupakan tayangan yang seru dan menyegarkan, menarik serta sangat disayangkan untuk di lewatkan.  Saya saja baru sempat menontonnya pada hari kemarin (01 Desember 2011). Saya yang  sebagai salah satu penggemarnya di masa lalu, tentunya tontonan ini memberikan nostalgia dan sedikit memaksa pikiran saya untuk kembali ke masa lalu saat saya membaca komik Tintin yang berjudul “The Secret of The Unicorn”.  Kehadiran Tintin menjadi film layar lebar juga dibuat menjadi sebuah tayangan yang menarik dalam bentuk animasi 3D, yang akan membuat kita sebagai penonton akan terbuai dengan petualangannya.  Tetapi sayangnya saya tidak menyaksikan film ini dalam format 3D dikarenakan setiap kali saya menonton 3D karena saya yang memakai kacamata dan tidak bisa lepas dari kacamata tersebut maka saya harus doubel memakainya dengan kacamata 3D, tentunya hal ini membuat saya terganggu dan tidak nyaman dalam menonton film. Yang membuat film ini lebih menarik lagi adalah animasi film ini dibuat  dengan detil gambar yang unik, merupakan gabungan dari bentuk realita dan olah gambar animasi komputer.

Yang pasti, tontonan untuk semua umur ini bebas dari kekerasan, adegan kejar-kejaran ataupun baku hantam dengan gencatan senjata, tidak memberikan tampilan yang menggenaskan. Sehingga, kita dapat menyaksikannya film ini bersama semua keluarga kita.

Over all film ini memberikan kesan animasi yang menarik, berbagai aksi yang tidak ada pada versi komik nya, hadir dan dikemas menjadi satu kesatuan yang menakjubkan di film ini, bahkan beberapa adegan yang membuat kita tersenyum dan tertawa, yang tentunya adegan tersebut tidak bisa kita temui saat membaca komik nya.

Namun bagaimana untuk Anda yang belum mengenal Tintin?

Tentunya tayangan ini akan memberikan nuansa tersendiri, selepas menyaksikannya, sepertinya akan membawa rasa penasaran tentang bagaimana dan apa yang terjadi pada petualangan Tintin dalam versi komik tentunya, bukan?

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 Tanggapan to “Nonton The Advanture of Tintin The Movie”

  1. aRai Says:

    pengen nonton ne pilem masih belom bisa juga … hiks hiks

  2. warm Says:

    saya belum nonton film inih :|

  3. honeylizious Says:

    pengen banget nonton :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: