Cokelat, Enak dan Menyehatkan

Karena membaca artikel bertitlekan coklat oh coklat yang nggemesin di tulis oleh bunda Mrs.Gloomysunday akhirnya saya tertarik untuk mengulas tentang makanan yang di olah dari biji kakao, tumbuhan yang diberi label nama latin Theobroma cacao ini. Ternyata coklat yang kita kenal sehari-hari sangat bangus dan banyak mengandung manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi makanan yang dianggap mewah pada masa Kolombia-Meso Amerika (Zaman kebudayaan suku Maya, Toltec, Aztec).

Saya pribadi sih sangat menyukai coklat. Rasanya yang khas dan enak membuat saya bisa ketagihan sampe lupa daratan *eh*, jika saya memakan makanan yang manis dan enak ini. Konon kabarnya, orang yang suka makan cokelat itu lebih sehat dari pada yang tidak doyan makan cokelat. Percaya atau tidak tentunya itu adalah hak asasi anda semua.

Apalagi nih katanya seiring dengan bertambahnya usia maka akan kelihatan banget kalau orang itu sering makan cokelat atau enggak. Kebanyakan kabar yang beredar jika orang sering makan cokelat, mereka akan memiliki pinggang langsing dan lebih jarang terkena diabetes lho.

Ada informasi cukup menarik nih, dari komunitas pemakan cokelat katanya mereka semua merasa lebih sehat, jarang depresi, tidak merasa kesepian, karena yaa mereka ditemani dengan makan cokelat kegemaran mereka, gitu lho. Memang sih, cokelat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dengan kandungan kakao atau istilah kerennya biji cokelat sebesar 70 % atau lebih. Nutrisi lainnya yang terkandung adalah nutris penting bagi tubuh kita lho, antara lain zat besi, kalsium, kalium serta vitamin A, B1, C, D dan E.

Dikatakan kenapa kita makan cokelat bisa lebih sehat? Kakao mengandung magnesium alami tertinggi. Nah Magnesium alam tertinggi inilah yang dapat mengurangi penyebab penyakit darah tinggi atau bahasa ‘ndeso-nya darah tinggi, jantungan,diabetes sampe penyakit persendian.

Memang sih cokelat itu enak menurut saya, tapi jangan lupa pula sehabis makan cokelat itu kita wajib menggosok gigi karena sisa makanan bekas cokelat itu bisa menyebabkan plak dan bagi yang mempunyai gigi berlubang, jangan harap bisa nawar rasa sakitnya akibat cokelat yang masuk ke dalam lubang gigi. *kebayangkan, ternyata hal yang termanis di dunia aja bisa menyakitkan ya, hihi*

Oh iya, untuk kita cewek dan cowok nih, cokelat banyak manfaatnya. Nih disimak :

  • Kandungan tinggi magnesium dalam cokelat bermanfaat untuk penyakit yang berhubungan dengan jantung, darah tinggi.
  • Lemak yang ada di kandungan dalam cokelat adalah lemak kualitas tinggi yang bebas dari kolesterol lho dimana fungsinya juga tidak akan menyumbat pembuluh darah atau kadar kolesterol yang tinggi. Catet

Oiya menurut sumber lain mengatakan Cokelat juga mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh kita. Nah, kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut para ilmuwan nih ya, cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

Kabar lain juga mengatakan, cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Selain sumber lain di atas, menurut sumber lain yang saya baca Adanya kandungan teobromin dalam cokelat bisa menjadi racun untuk sebagian hewan bila dikonsumsi. Hewan-hewan yang bereaksi keracunan pada kandungan teobromin diantaranya adalah kuda, anjing, burung kakak tua, tikus-tikus jenis kecil dan kucing (khususnya anak kucing), ini dikarenakan metabolisme tubuh mereka tidak dapat mencerna kandungan kimia ini secara efektif. Bila mereka diberi makan cokelat maka kandungan teobromin akan tetap berada dalam aliran darah mereka hingga 20 jam, akibatnya hewan-hewan ini mungkin mengalami epilepsi dan kejang-kejang, serangan jantung, pendarahan internal, dan pada akhirnya menyebabkan kematian. Penanggulangannya adalah dengan merangsang hewan-hewan ini agar memuntahkan cokelat dan secepat mungkin membawa mereka ke dokter hewan. Oh iya, satu lagi ini penting.

Cokelat kabarnya adalah makanan para Dewa lho!!! Bukan Dewa 19 atau Dewa Budjana tentunya.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: