Munculnya situs jejaringan sosial www.frenlist.com yang mirip dengan Facebook

layout http://www.frenlist.com

lay out http://www.youfacester.com

lay out facebook yang di cloning oleh http://www.frenlist.com / youfacester.com

Walaupun saya adalah seorang pengguna internet yang aktif, tapi saya tidak terlalu  menyukai jejaringan sosial seperti Facebook, Google+, Myspace, Plurk, Frienster, Twitter, Linkedin, Mig33, Koprol, Foursquare, Kombes, Jaiku, Tagged, WAYN, Indoface,  Heello, Hi-5,  dan kawan-kawannya .

Saat ini saya hanya  mempunyai account di jejaringan sosial yang hits seperti Twitter, Facebook, Google+ dan Myspace. Tapi toh saya jarang sekali malahan untuk membuka , up date status, upload foto, ataupun sekedar mengkomentari status teman atau mau sekedar ikut-ikutan narsis disana (Ih, nggak banget). Kalau saya membuka account jejaringan sosial yang saya miliki juga sekedar cek pemberitahuan dari email yang mengkonfirmasi seperti adanya pemberitahuan ulang tahun teman, orang yang isengnya colak-colek saya, seseorang yang nge-add saya untuk menjadi temannya, mengirimkan saya pesan, seorang teman yang menulis di wall facebook saya, atau yang tiba-tiba mention saya di twitter dan memfollow saya. Kalaupun mau mengupdate sebuah status, itupun bisa jadi dikarenakan saya lagi iseng mendapatkan  kata-kata yang menurut saya bagus untuk di share kepada teman-teman. Sejujurnya saya lebih tertarik untuk membaca blog-blog baik dari teman-teman atau blog yang saya temukan secara tidak sengaja ketika saya sedang walking blog.

Semalam ketika saya lagi mengecek ada pemberitahuan bahwa salah seorang teman semasa SMU mengirimkan undangan di facebook,  saya pun melihat undangan tersebut dimana teman saya mengajak untuk menghadiri acara pernikahannya pada tanggal 26 November 2011 mendatang. Dan tak sengaja ketika itu juga saya melihat sebuah iklan di sisi kiri di halaman facebook saya. Iklan tersebut menampil sebuah web www.frenlist.com.

Saya pun penasaran dan langsung saja saya lihat ke website nya langsung. Lihatlah seperti gambar diatas yang sudah saya tampilkan. Saya jadi terkejut sedikit heran, situs ini bisa dikatakan plagiat facebook. yang dimana tampilan awalnya amat dan sangat mirip dengan facebook.  Timbul sebuah pertanyaan di benak saya. Karena saya jadi ingat kira-kira pertengahan tahun 2009 waktu itu saya pernah menemukan sebuah situs jejaringan sosial yang juga amat sangat mirip dengan facebook yaitu http://www.youfacester.com. Tampilan http://www.youfacester.com dan http://www.frenlist.com ini keduanya benar-benar mengcloning facebook. Persisis dan hampir mirip. Walaupun cuma tampilan dari layout nya.

Tapi, mungkin sebagian ada yang sudah tahu dengan situs youfacester.com itu? Konon kabarnya yang membuat situs contekan dari facebook itu adalah buatan dari orang Indonesia. Sempat saya membuat account disana untuk coba-coba dan ingin tahu apa saja kelebihan dari situs itu dan ternyata beberapa hari kemudian situs tersebut hilang entah kemana.

Saya pun kemudian mencari tahu kabar keberadaan situs yang mirip facebook tersebut. Setelah capek googling sana sini akhirnya saya mendapatkan sebuah link yang menulis tentang  keberadaan youfacester.com itu. Yang lebih mengejutkan ternyata website youfacester.com itu sekarang malah sudah berubah menjadi situs info24jam.com. Ternyata tak hanya saya yang kehilangan account disana, banyak juga orang yang heran mengapa situs itu menghilang. Dari beberapa komentar dan tanggapan yang saya baca di link tesebut (baca disini) ada banyak alasan dari beberapa orang mengapa youfacester.com itu menghilang. Yang paling masuk akal adalah kemungkinan situs youfacester.com itu adalah untuk pencurian password. Dimana seperti kebanyakan orang akan membuat password yang sama untuk accountnya agar tidak lupa, baik itu untuk email ataupun untuk account di situs jejaringan sosial. Hiiyy!! mengerikan. Kalau sudah kejadian seperti ini, siapa yang mau tanggung jawab coba? Akhirnya saya pun tidak menghiraukan lagi keberadaan situs http://www.youfacester.com itu kemudian dan untunglah sampai sekarang semua account saya aman dan terkendali tidak di ganggu oleh hacker yang biadab.

Mengutip dari pepatah bijak “pengalaman adalah guru yang paling baik” dan saya tentunya tidak mau kejadian dulu terulang saat saya buat account di youfacester.com tersebut, dimana juga saya penasaran sekali dengan situs http://www.frenlist.com itu akhirnya saya mencoba membuat sebuah ‘account coba-coba’ yang saya buat sebagai coba-coba. Tentunya account coba-coba yang saya buat ini tidak untuk merugikan orang lain seperti mengambil photonya atau dalam bentuk apapun. Saya buat account ini hanya untuk mencoba dan ingin tahu lebih lanjut akan isi-isi dari http://www.frenlist.com ini. Dan ternyata setelah saya berhasil membuat ‘account coba-coba’ disana, yang saya dapatkan dari http://www.frenlist.com ini ternyata baik layout ataupun yang lain amat mirip dengan facebook.

Sungguh tidak lucu. Sebuah situs jejaringan sosial yang sudah mendunia seperti facebook, lagi-lagi di cloningkan lay out nya oleh orang-orang yang ingin mencoba peruntungan dan kesuksesan seperti facebook ini.  Terlepas dari motif apapun orang untuk membuat website jejaringan sosial bernama http://www.frenlist.com ini tentunya saya tidak tahu. Yang pasti saya hanya bisa menyarankan kepada teman-teman semua dan warga online lainnya, berhati-hatilah apabila kalian ingin membuat account di situs jejaringan http://www.frenlist.com ini, guna menghindari pencurian password dari hacker yang tidak bertanggung jawab maka gunakanlah email dan password yang berbeda dengan account facebook, twiter, myspace dan lainnya yang kalian miliki. Bila perlu, buatlah sebuah email baru dan password yang juga berbeda khusus untuk log in ke http://www.frenlist.com ini.

Nah, bagi yang berminat bergabung disana selamat mencoba🙂

Tag: , , , , , , ,

8 Tanggapan to “Munculnya situs jejaringan sosial www.frenlist.com yang mirip dengan Facebook”

  1. honeylizious Says:

    facebook aja dibuka buat urusan kerja dan ngirim link blog, kayaknya fb dan twitter udah cukup deh…

    salam kenal ya mas reyno

  2. yorke Says:

    saya coba trace ip addres nya, friendlist.com kok dari sulawesi yah munculnya.
    cuman sekedar share, hati hati mengklik iklan yang ada di facebook. maaf saya lupa baca dimana, tapi kalau kita mengklik iklan yang ada di kanan page facebook, data pribadi kita akan diberikan ke si pemasang iklan. CMIIW

    • reyno Says:

      Nah itulah kita harus mesti hati2, Seperti yang saya jelaskan diatas tentang youfacester yg jg buatan orang Indonesia tapi sekarang tiba2 situs tersebut hilang dan berganti dengan nama situs baru. Makanya saya mengulas tentang frenlist ini supaya warga online dan teman2 semua agar harap hati2 agar tidak terjadi kecurangan dalam pencurian password. Bukannya apa2 tapi sekedar jaga2, maklum hari gini kan sudah aneh2. btw makasih sdh coment🙂

  3. strawberry lovers Says:

    aduh gimana sama aku??
    aku udah terlanjur daftar

  4. ahmad saadillah Says:

    wiihhh mirip

  5. jignesh Says:

    hi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: